Kurikulum 2013 adalah kurikulum dimana siswa dituntut lebih aktif daripada guru.
Oleh sebab itu, guru diharuskan untuk memahami materi sebelum memberikan penjelasan agar para siswa mudah memahami apa yang harus mereka lakukan, dan mengetahui apa yang mereka pelajari.
Dari pengalaman saya mengajar selama setahun sebagai Guru Honorer, ijinkan saya berbagi tentang apa yang sudah saya pelajari. Semoga bermanfaat..
Sebelum mengajar alangkah baiknya guru mempelajari materi yang akan diajarkan dimalam hari misalnya nih membuat konsep atau model pembelajaran yang menarik.
Mari kita mulai membedah buku, buku yang saya bedah kali ini adalah
BUKU : BAHASA INGGRIS “WHEN ENGLISH RINGS A BELL”
AWAL HALAMAN
Nah.. pada awal halaman tampilannya menyangkut cover buku yang dimana disitu jelas judul buku, kelas, dan edisi tahun berapa.
Dibalik halaman pertama akan ada penjelasan tentang asal usul buku, seperti disklainer, katalog, penulis, penelaah, penyedia penerbitan.
HALAMAN iii
Oleh sebab itu, guru diharuskan untuk memahami materi sebelum memberikan penjelasan agar para siswa mudah memahami apa yang harus mereka lakukan, dan mengetahui apa yang mereka pelajari.
Dari pengalaman saya mengajar selama setahun sebagai Guru Honorer, ijinkan saya berbagi tentang apa yang sudah saya pelajari. Semoga bermanfaat..
Sebelum mengajar alangkah baiknya guru mempelajari materi yang akan diajarkan dimalam hari misalnya nih membuat konsep atau model pembelajaran yang menarik.
Mari kita mulai membedah buku, buku yang saya bedah kali ini adalah
BUKU : BAHASA INGGRIS “WHEN ENGLISH RINGS A BELL”
AWAL HALAMAN
Nah.. pada awal halaman tampilannya menyangkut cover buku yang dimana disitu jelas judul buku, kelas, dan edisi tahun berapa.
Dibalik halaman pertama akan ada penjelasan tentang asal usul buku, seperti disklainer, katalog, penulis, penelaah, penyedia penerbitan.
HALAMAN iii
Pada halaman ini alangkah baiknya guru membaca “ kata pengantar” agar lebih jelas tujuan dari mengapa siswa di wajibkan untuk mempelajari Bahasa Inggris.
HALAMAN V
Halaman ini akan jelas tentang “DAFTAR ISI” di dalam daftar isi di tuliskan arah materi apa saja yang menjadi target bahan ajar .
ISI DAFTAR ISI SEPERTI INI :
Kata Pengantar
Daftar Isi
Chapter I Good Morning. How are you?
Chapter II It’s Me!
Chapter III What Time Is It?
Chapter IV This Is My World
Chapter V It’s a beautiful day !
Chapter VI We love what we do
Chapter VII I’m Proud of Indonesia!
Chapter VIII That’s what friends are supposed to do
Daftar Pustaka
HALAMAN Vi
Coba perhatikan dihalaman ini ada gambar pak guru berkumis memberi instruksi “Please write down your identity here!” artinya tulislah identitasmu disini
Simak tabel yang dijabarkan dalam halaman ini disitu ada tulisan
This is Me ! ( inilah aku/saya)
Name (nama)
Date of Birth (tanggal lahir)
Address (alamat rumah)
School (sekolah)
Class (Kelas)
Hobbies (hobi/kegemaran)
Favorite Color (Warna kesukaan)
Favorite food (makanan kesukaan)
HALAMAN 1
CHAPTER I (BAB I)
GOOD MORNING. HOW ARE YOU ?
(SELAMAT PAGI. BAGAIMANA KABAR ANDA?
We will learn : (Kita akan mempelajari)
- To greet (menyapa)
- To take leave (ketika berpisah)
- To say thank you (berterima kasih)
- To say sorry (meminta maaf)
We will learn : (Kita akan mempelajari)
- To greet (menyapa)
- To take leave (ketika berpisah)
- To say thank you (berterima kasih)
- To say sorry (meminta maaf)
HALAMAN 2 DAN HALAMAN 3
Dalam halaman 2 ini siswa di hibur dengan nyanyian yang berjudul “Good Morning”
Halaman 3 disajikan lirik dengan judul “How are you?” dimana lagu dinyanyikan dengan nada “If you’re happy and you know it”
Guru bisa berkreasi mengganti lirik “good morning” dengan “good afternoon” , “good evening”.
Lirik bisa dilihat langsung pada buku.
HALAMAN 4 , 5, 6, 7 dan 8
Instruksinya 1 :
we will learn to greet our teachers, friends and others when we meet them in the morning, in the afternoon and in the evening.
Artinya :
Artinya :
kita akan mempelajari cara menyapa guru-guru, teman-teman dan orang lain ketika bertemu mereka pada waktu pagi hari, siang hari dan sore hari.
Instruksi 2 :
Instruksi 2 :
Here are what we will do. First, we will listen carefully to our teacher read the greetings. Seconds, we will repeat the greetings after the teacher. Then we will play the roles of the speakers in the picture.
Artinya :
Artinya :
yang akan kita lakukan . pertama, kita akan mendengarkan guru membaca cara menyapa. Kedua, kita akan mengulangi ucapan sapaan yang dibacakan guru. Kemudian kita akan bermain peran sesuai apa yang ada pada gambar.
Instruksi ketiga : we will say the words loudly, clearly, and correctly.
Instruksi ketiga : we will say the words loudly, clearly, and correctly.
Artinya :
kita akan mengatakan dengan suara keras, jelas, dan benar.
Pada halaman ini siswa diharuskan mempraktekan percakapan-percakapan yang telah tertera sesuai gambar pada buku. Tujuannya agar siswa bisa lebih memahami, mengetahui cara menyapa secara langsung.
HALAMAN 9
Pada halaman ini siswa diharuskan mempraktekan percakapan-percakapan yang telah tertera sesuai gambar pada buku. Tujuannya agar siswa bisa lebih memahami, mengetahui cara menyapa secara langsung.
HALAMAN 9
Halaman ini hanya menyediakan instruksi dimana menjelaskan “we will do a drill to greet people in the morning, in the afternoon, and in the evening”
maksunya bahwa kita akan melakukan sebuah latihan percakapan untuk menyapa seseorang pada pagi, siang dan sore hari.
Instruksi kedua : here are what we will do each time. First, we will see a sign of time : morning, afternoon, or evening. Second, one person will state a proper greeting for the time. Then another person will respond to the greeting properly, too.
Nah, artinya :
inilah yang akan kita lakukan setiap kali. Pertama, kita akan melihat tanda waktu: pagi, siang, atau malam hari. Kedua, satu orang akan menyatakan salam yang tepat untuk saat itu. Kemudian orang lain akan menanggapi salam dengan benar juga.
We will say the words loudly, clearly, and correctly. (kita akan mengatakan kata-kata itu dengan keras, jelas, dan benar).
HALAMAN 10
We will say the words loudly, clearly, and correctly. (kita akan mengatakan kata-kata itu dengan keras, jelas, dan benar).
HALAMAN 10
Dihalaman ini ada instruksi yang menjelaskan “we will make a list of the people we greeted in English today. We will use the table and do it like the exam”
artinya :
kita akan membuat daftar orang-orang yang kita sapa dalam bahasa Inggris hari ini. Kita akan menggunakan tabel dan melakukannya seperti contoh.
HALAMAN 11 DAN 12
HALAMAN 11 DAN 12
Pada halaman ini siswa diajarkan untuk mempelajari “sapaan saat berpamitan” sesuai instruksi “ we will learn to say goodbye”
Kemudian di ikuti dengan instruksi
“ here we are what we will do. First, we will listen carefully to our teachaer read the statements of goodbye. Second, we will repeat the statements after the teacher. Then we will plat the roles of the speakers in the pictures”
Artinya :
Artinya :
apa yang akan kita lakukan. Pertama, kita akan mendengarkan dengan cermat guru kita membaca pernyataan selamat tinggal. Kedua, kami akan mengulangi pernyataan setelah guru. Kemudian kita akan bermain peran sesuai apa yang ada dalam gambar.
We will say the words loudly, clearly, and correctly. (kita akan mengatakan kata-kata itu dengan keras, jelas, dan benar).
HALAMAN 13
Instruksi pertama :
We will say the words loudly, clearly, and correctly. (kita akan mengatakan kata-kata itu dengan keras, jelas, dan benar).
HALAMAN 13
Instruksi pertama :
we will do a drill to say goodbye (kita akan melakukan latihan untuk mengucapkan selamat tinggal/ salam perpisahan.)
Berikutnya
Berikutnya
“ here are what we will do each time. First, we will hear our teacher state a situation. Then we will respond with a proper statement to say goodbye”.
Artinya :
Artinya :
inilah yang akan kita lakukan. Pertama, kita akan mendengar situasi yang dijelaskan guru kita. Kemudian kita akan menanggapi dengan pernyataan yang tepat untuk mengucapkan selamat tinggal / ungkapan berpamitan.
We will say the words loudly, clearly, and correctly. (kita akan mengatakan kata-kata itu dengan keras, jelas, dan benar).
Berikutnya ..
We will say the words loudly, clearly, and correctly. (kita akan mengatakan kata-kata itu dengan keras, jelas, dan benar).
Berikutnya ..
“we will make a list of the people we said goodbye to in english today. We will use the table and do it like the examples”
Kita akan membuat daftar orang-orang yang kita ucapkan selamat tinggal dalam bahasa Inggris hari ini. Kami akan menggunakan tabel dan melakukannya seperti contoh.
HALAMAN 14 - 17
Halaman ini diajarkan tentang bagaimana cara berterima kasih dan meminta maaf , seperti instruksi
“ we will learn to thank and to say sorry”
Instruksi kedua : “here are what we will do each time. First, we will hear our teacher state a situation. Then we will respond with a proper statement to thank or to say sorry”.
Artinya :
Instruksi kedua : “here are what we will do each time. First, we will hear our teacher state a situation. Then we will respond with a proper statement to thank or to say sorry”.
Artinya :
inilah yang akan kita lakukan. Pertama, kita akan mendengar situasi yang dijelaskan guru kita. Kemudian kita akan menanggapi dengan pernyataan yang tepat untuk berterima kasih dan meminta maaf.
We will say the words loudly, clearly, and correctly. (kita akan mengatakan kata-kata itu dengan keras, jelas, dan benar).
HALAMAN 18
Instruksi pertama :
We will say the words loudly, clearly, and correctly. (kita akan mengatakan kata-kata itu dengan keras, jelas, dan benar).
HALAMAN 18
Instruksi pertama :
we will do a drill to say thanks and to say sorry (kita akan melakukan latihan untuk mengucapkan terima kasih dan meminta maaf.)
Berikutnya..
Berikutnya..
“ Here are what we will do each time. First, we will hear our teacher state a situation. Then we will respond with a proper statement to say thank and to say sorry”.
Artinya :
Artinya :
inilah yang akan kita lakukan . Pertama, kita akan mendengar situasi yang dijelaskan guru kita. Kemudian kita akan menanggapi dengan pernyataan yang tepat untuk mengucapkan terima kasih dan maaf.
We will say the words loudly, clearly, and correctly. (kita akan mengatakan kata-kata itu dengan keras, jelas, dan benar).
HALAMAN 19
We will say the words loudly, clearly, and correctly. (kita akan mengatakan kata-kata itu dengan keras, jelas, dan benar).
HALAMAN 19
Inilah intinya yaitu kesimpulan dari keseluruhan apa yang telah dipelajari di BAB 1 .
Now, I know .... (sekarang saya tahu....)
Dihalaman ini diperlihatkan beberapa gambar yang bertuliskan my mother, my father, my sister, dann seterusnya.. agar siswa dapat mengetahuinya dalam bahasa Inggris.
Didalam kotak adalah inti kesimpulannya :
From now on, I will always ( sekarang, saya akan selalu)
- Greet other when I meet them (menyapa orang ketika bertemu mereka),
- Say goodbye when I leave them (berpamitan ketika meninggalkan mereka),
- Thank other for doing good to me (berterima kasih atas bantuan orang lain kepadaku),
- Say sorry when I make a mistake (meminta maaf ketika saya melakukan kesalahan).
SUMBER : Penjelasan disesuaikan dengan isi dari buku BAHASA INGGRIS “WHEN ENGLISH RINGS A BELL”
Wallahu a'lam..
BAB II sementara ditulis.. mohon tunggu ..
No comments :
Post a Comment