Nisluf Blog

Ilmu adalah Pengetahuan tetapi Pengetahuan belum tentu menjadi ilmu

Saturday, 23 June 2018

MUSIM HUJAN MELANDA?? YUK COBA MINUMAN HANGAT UNTUK SEMANGATIN AKTIVITASMU!

hmmmm.. status FB temen-temen semua ngeluhnya ujan, mulai dari kemarin sampai sekarang sebagian pada ngeluh.. minta di berhentiin sebentar lah.. nanya-nanya kapan hujan berhenti lah.. kapan matahari nongol lah.. banyak deh status-status yang pada ngeluh dan juga sebagian pada santai aja tuh saat hujan...

Musim hujan, atau musim panas sama aja deh... banyak ngeluhnya hihihi  daripada ngeluh dengan cuaca mending yuk cari tau cara menghangatkan badan kita biar aktivitas ngak ikut-ikut dikeluhkan ehehhee

 1. HOT TEA ( TEH HANGAT)

hmm... ini nih yang mudah banget di dapat .. minuman yang satu ini tentu sangat familiar untuk kita, gimana tidak hampir tiap hiari disajikan tiap pagi dan kapan pun kita inginkan.. 

minumlah secangkir eeee boleh lebih kok  tapi jangan kelebihan banget nanti ke toilet mulu hihi maklum cuaca hujan-hujan gini.. hmm... sambil santai atau beraktivitas di kantor, dirumah, ditoko, dimanapun bisa nih siapin se pak kotak teh. Jadi, bisa buat hangatin kamu disaat musim hujan gini.

2. KOPI

yaaah kopi dapat membantu kita untuk tak mudah ngantuk apalagi bagi para pengantuk berat yang ngeliat bantal pengennya melekat terus sama si bantal hehehhe 

bagi kalian yang ngak bisa minum kopi karena jantung kadang berdetak kencang seperti orang yang ketemu doi tiba-tiba wkwkkwkkw jangan khawatir deh sekarang kan udah banyak tersedia kopi yang tingkat kafeinnya rendah, 
Jadi, kopi bisa menjadi teman hangat kita dikala musim hujan melanda seperti hari ini.

3. WEDANG JAHE

minuman satu ini sangat enak banget diminum saat musim penghujan seperti ini gimana tidak jahe yang khasiatnya memang menghangatkan bertemu dengan gula aren yang memaniskan. Sungguh nikmatnya waaaah...XD

4. COKLAT

hayooo ... angkat tangan yang suka coklat?? saya pikir hampir dari kita pasti suka coklat.. waaah tenan aja coklat sangat mudah ditemukan kok sama kayak teh hihihi 

coklat sangat enakloh jika diminum disuasana yang dingin dingin menggingat mantan e kok malah bahas mantan sih.. huuust sana..

minuman yang satu ini kini tersedia dimana-mana loh, entah kalian mau buatnya dari cacao asli atau chocolatos coklat juga terserah.. pokoknya sediakan minuman hangat ini disaat musim hujan yah guys...

5. AER MINERAL HANGAT

Hihihi bagi kalian yang ngak mau repot-repot, minuman yang satu ini sangat luar biasa mudahnya kalian tinggal on kan dispenser kalian nunggu hingga air didalamnya hangat, dan sruuuuut tuang di gelas favorite kalian.

Kalian yang ngak punya dispenser kayak saya, bisa kok ambil aja tu air hangatnya dari termos eheheheh ... ngampang kan?

air putih  alias mineral selain sehat untuk tubuh juga bisa membuat kita lebih rileks loh guys... gimana tertarik untuk minum air hangat saja? yuuuks cuuuuzzzz langsung ke dapur hihihi
Nah.. gimana guys ada yang mau nambahin ngak yah minuman apalagi yang enak untuk diminum disaat hujan gini hmmm... tentu minuman yang bisa membuat kita bersemangat menjalani aktivitas yah guys!!


Sumber bacaan :

dari beberapa artikel mengenai minuman hangat dimusim hujan. 

Wallahu a'lam..


Thursday, 21 June 2018

KU PENDAM RASA GALAU INI SENDIRIAN !!


ciiiiieeeeeeeee ..... ah kamu bisa aja mendam-mendam sendiri...   emang kuat kalau dipendam sendiri? terus kalau udah galau mau ngapain?  ngapain galau-galau sih, emang galau bermanfaat buat kamu?

 Nah, tu diatas banyak pertanyaan kalau seseorang lagi galau.. mau jawab tidaknya ya wesss ra popo mba mas hihihihi

tahukah kamu apa sih galau itu? menurut kalian sendiri galau itu apa?

bagi yang doyan makan pasti larinya ke makanan,, hohoho  seperti galau adalah sejenis makanan ringan XD

secara pribadi saya memahami galau itu suatu kondisi dimana perasaan kita sendiri merasa bahwa diri kita seorang diri, tak ada yang memahami apa yang kita rasa, hmmm baik itu bagi yang punya pasangan maupun yang masi jomblo kayak saya wkwkkwkw

siapa bilang galau hanya terjadi pada remaja-remaja saja, sebenarnya galau bisa menyerang siapa saja sih.. tapi, ada yang jelas kentara galaunya ada yang tak jelas karena mereka cenderung memendam rasa galau mereka untuk diri mereka sendiri.

bagi saya galau boleh-boleh aja sih, asal jangan galau berkepanjangan .. jangan galau yang buat kamu putus asa seolah-olah tak ada yang bisa kamu lakukan lagi dalam hidup ini

galau boleh kok dipendam sendiri, sendiri bukan berarti bener-bener seorang diri loh cukup pendam diam dalam hati sembari berdoa agar rasa galau itu diganti menjadi rasa damai dalam hati

bagi kalian yang sering galau nih, udah cukupkan aja jangan galau berlebih karena sesuatu yang berlebih lebihan itu ngak baik.

Kesimpulannya galau boleh, baik itu mau curhat atau di pendam seorang diri.. jangan buat diri seolah-olah punya masalah hidup paling banyak trus milih mengakhiri idup, atau merasa tak berarti lagi dalam idup ini, merasa tak mampu melakukan apa de el el deh... 

butuh temen curhat? boleh kok InsyaAllah kita cari solusi bersama dari rasa galau yang kalian alami.. 
Sekian yah... so jangan galau-galau  berlebih lagi yah.. pendam atau curhat itu pilihan kamu deh...

wallahu a'lam..


250 JUTA UANG DALAM MESIM ATM HABIS TERKOYAK OLEH SI GEROMBOLAN TIKUS !!


Hahahhaha... aduuuh saya ingin tertawa tapi, miris juga sih ternyata bukan hanya tikus jadi jadian yang doyan sama uang, tikus asli juga doyan uang looh guys,,,,,

 waaah bener-bener tikus zaman sekarang yah udah gede-gede semua, kucing sekarang aja pada takut sama tikus hohoho soalnya si tikus terkadang lebih gede ari si kucing... XD

Duduk manis sambil nyicip susu coklat nemu berita yang lumayan menggelitik mata saya, kejadian ini terjadi di New Delhi (India) guys,,  uang di mesin ATM menjadi bulan-bulan si tikus mungkin laper banget nih akhirnya nemu bahan makanan yang lebih lezat eehhhehehe..

menurut kepolisian setempat nih, si gerombolan tikus masuk ke dalam mesin ATM melalui celah-celah kabel ( waaah si tikusnya jago menyelinap yah,,, hihihi)

hal ini baru diketahui ketika teknisi memperbaiki mesin ATM tersebut, pas di buka dan diperiksa eee ternyata uang yang ada dalam mesin ATM udah pada dimakan sama si tikus.

Bukti kuat ditemukan adanya seekor tikus yang mati didalam tumpukan uang itu guys, (ehehhee sepertinya dia mati akibat kekenyangan..)

 meski begitu masi ada kok 1,7 juta yang diselamatin ama teknisi ATMnya, dan diketahui bahwa uang  pecahan 2000 dan 500 rupe yang menjadi korban si tikus-tikus asli itu.

hmmmm... menurut saya pribadi sih yah, kejadian udah ada tinggal bagaimana caranya aja mesin-mesin di inovasi untuk mencegah hal ini terulang kembali.


Wallahu a'lam..

Sumber bacaan berita :

DetikNews.com

 Sumber gambar :

tissorindonesia.com

Wednesday, 20 June 2018

INI DIA BEBERAPA KESERUAN SAAT REUNIAN TEMAN SD, KALIAN YANG MANA GUYS??


Wah.. dengan usia yang sekarang bisa dibilang sudah tak remaja lagi nih, bagi kalian yang lahir di tahun 1995 seharusnya udah pada nikah.. (wkwkkwkkw singgung diri sendiri)

Pernahkan sobat-sobat reuni bersama teman-teman SD, SMP, SMA? hal apa saja yang biasa kalian bahas? (eee kepo banget sih.. :P )

Malam ini saya akan memposting nih keseruan bertemu teman-teman SD saya hari ini dan hari kemarin. Penasaran apa saja keseruan itu? yuuuk mariii..


1. SIBUK MEMPERHATIKAN WAJAH TEMAN

tak heran ketika baru pertama bertemu sejak bertahun-tahun lamanya, ee pas ngumpul pastinya wajah yang jadi sorotan.. hihihi  mengapa?  banyangkan waktu SD wajah masih imut-imut manis sekarang mah amit-amit wkkwkwkwk  (kalau saya sih masih tetap imut kok hoho.. )

memperhatikan wajah teman-teman karena sebagian dari mereka pasti ada yang berubah, bisa jadi nih kalau ketemu dijalan bisa langsung nyapa tanpa ragu lagi.


2. NANYA STATUS 

tantu bukan hal yang wow lagi kalau udah nanya status, maklumlah zaman sekarang orang-orangnya pada kepo wkwkkwkw 

ada beberapa temen yang udah pada nikah, ada yang masih jomblo (seperti saya nih masih jomblo ehehehe) dengan mengetahui status nikah ato tidaknya bukan hal yang begitu penting-penting amat sih, hanya sekedar mau tau ajahkan ngak apalah yah.. kali aja ada yang berjodoh hihihihi

3. NANYA KERJAAN


ini nih yang tak terhindarkan, dengan bertanya pekerjaan masing-masing bisa di pilah-pilah yang dompetnya tebal bisa naktir wkkwkwkw 

meskipun hanya bercanda minta naktir tapi teman-teman saya dengan senang hati pada naktir kok.. eee makasih deh saya ucapkan yang udah naktir kami semua, semoga rejeki kalian nambah banyak yak.. Aamiin

4. MENGENANG MASA LALU

kalau udah ngumpul alias reunian waaah pasti bahasnya masa lalu deh.. mulai dari kebiasaan masing-masing, kenakalan, kepintaran, kebodohan.. podo wae  semua yang menyangkut masa SD dibongkar tak terlupakan.

Emang yah masa lalu tak bisa dilupakan tapi hanya bisa di kenang (kayak kamu yang sekarang lagi mengenang sang mantan hoho..)

kenangan yang sungguh indah yah karena tak akan terulang kembali ..

5. SIBUK SENDIRI

yang satu ini mah malah ngak seru .. soalnya kalau udah sibuk sendiri dengan hp masing-masing, atau buat grup masing-masing lah sama aja dong ngak ngumpul hihihi 

tapi dengan memperhatikan mereka sibuk sendiri, jadi keinget masa SD dulu deh.. sibuk sendiri bukan berarti mereka mengacuhkan kita, karena sekarang udah pada dewasa otomatis udah punya kesibukan sendiri yang harus diselesaikan.

Tak mengapa jika hanya sibuk sebentar, yang keliru itu jika dari awal ketemu sampai berpisah sibuk sendiri aja teruuussss....... hohoho.. 

Alhamdulillah temen-temen SD saya orangnya pada pengertian semua, jadi bisa menempatkan waktu sibuk mereka dengan waktu sibuk bersama-sama.

Hayoooo... kalau sobat-sobat gimana pas ngumpul bareng temen? semoga bisa mempererat tali silaturahmi yah guys dan semoga Allah Ta'ala memberikan kita umur panjang agar dapat bertemu kembali aamiin..:)


wallahu a'lam.. 
 

Monday, 18 June 2018

SOLUSI RIZKI SEMPIT DAN KONDISI SULIT


Sudah banyak yang tahu akan solusi yang satu ini tapi, hanya segelintir yang mau menggunakan solusi ini dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai seorang muslim sudah seharusnya kita menjadikan solusi ini melekat dalam setiap sendi nafas kita. 

yaaah.. sayapun masih belajar untuk melakukannya, karena ini bukanlah sesuatu yang sulit jika sudah dibiasakan.

Terkadang jika merasa putus asa banyak diantara kita yang memilih untuk bergalau-galauan, bunuh diri, mencuri jika tak ada duit, merampok, membunuh... pokoknya mengikuti hawa nafsu kejahatannya dengan mudah. nauzubillah

Oleh sebab itu, Islam mengajarkan kepada kita solusi ketika rizki kita sempit dan merasa bahwa kondisi kita sedang sulit.

Mari bersama-sama simak hadist berikut :

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam menunjukkan bahwa memperbanyak istighfar merupakan salah satu kunci rizki

“مَنْ أَكْثَرَ مِنْ الِاسْتِغْفَارِ؛ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا، وَمِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ”

“Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka”. (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya dinilai sahih oleh al-Hakim serta Ahmad Syakir).

dikisahkan dalam Tafsir al-Qurthubi, bahwa suatu hari ada orang yang mengadu kepada al-Hasan al-Bashri tentang lamanya paceklik, maka beliaupun berkata, “Beristighfarlah kepada Allah”. Kemudian datang lagi orang yang mengadu tentang kemiskinan, beliaupun memberi solusi, “Beristighfarlah kepada Allah”. Terakhir ada yang meminta agar didoakan punya anak, al-Hasan menimpali, “Beristighfarlah kepada Allah”.

Ar-Rabi’ bin Shabih yang kebetulan hadir di situ bertanya, “Kenapa engkau menyuruh mereka semua untuk beristighfar?”.

Maka al-Hasan al-Bashri pun menjawab, “Aku tidak mengatakan hal itu dari diriku sendiri. Namun sungguh Allah telah berfirman dalam surat Nuh: “Aku (Nabi Nuh) berkata (pada mereka), “Beristighfarlah kepada Rabb kalian, sungguh Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan kepada kalian hujan yang lebat dari langit. Dan Dia akan memperbanyak harta serta anak-anakmu, juga mengadakan kebun-kebun dan sungai-sungai untukmu”.

Berikut firman Allah Ta'ala :


“فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّاراً . يُرْسِلِ السَّمَاء عَلَيْكُم مِّدْرَاراً . وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَل لَّكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَاراً”

Artinya:

 “Aku (Nabi Nuh) berkata (pada mereka), “Beristighfarlah kepada Rabb kalian, sungguh Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan kepada kalian hujan yang lebat dari langit. Dan Dia akan memperbanyak harta serta anak-anakmu, juga mengadakan kebun-kebun dan sungai-sungai untukmu”.  (QS. Nuh: 10-12)

Nah, karena istigfar merupakan solusi bagi rizki sempit dan kondisi yang sulit maka, jangan lupa untuk selalu melakukannya baik itu bukan hanya dalam kondisi yang sempit saja yah.. :) mohonlah apa yang kita inginkan dengan doa dan usaha. 

"Dan Dia Maha Mengetahui Segala Isi Hati". (QS. 57:6)


Semoga bermanfaat..

Wallahu a'lam..

Sumber bacaan :

https://muslim.or.id
Line : Mood Daily dan Yuk Hijrah

PESAN MORAL DARI KAMPUNG HALAMAN


Yah.. siapa duga kehidupan kota yang membuat penat kini luntur ketika beberapa hari tinggal di  kampung halaman sendiri.. begitu banyak perbedaan yang terasa mulai hal sederhana sampai hal yang berhasil buat saya terkagum sendiri.

Melihat serta mengamati secara langsung sungguh akan jelas berbeda dari apa yang "katanya" orang bilang.. hehehhe sering kali kita akan percaya dengan kata-kata orang lain tanpa mau menjalani, melihat, mendengar secara langsung. Bukankah begitu? (yah begitulah, karena menjalani sesuatu perlu mengamati kondisi dan keadaan diri)

Beberapa pesan moral kehidupan yang saya jumpai sendiri.. monggo di simak mba/ mas :D

1. KATA "LEWAT DOLOOO"..

ketika di kampung saya mengamati anak-anak kecil dan juga orang dewasa, yah.. walaupun tak semua memiliki sopan santun namun ada beberapa kebiasaan yang berkesan untuk saya pribadi yaitu ketika anak-anak, remaja, dan juga orang tua lewat di depan rumah mereka akan meminta ijin seperti ini "lewaaaat dulu...."

Nah.. ini mengandung pesan moral yang luar biasa yaitu adanya ikatan rukun tetangga dan saling menghargai satu sama lain.

2. NIMBA AIR DISUMUR 

aktivitas selanjutnya adalah sumur masih tetap ada meskipun mulai bermunculan sumur-sumur bor. Sumur yang saya akan ceritakan adalah sumur seperti di film "Sawako" hihiiii  hayooo yang pernah nonton film horor jepang,, angkat keningnya.. 

Ketika nimba air disumur trus membawanya kerumah, mereka akan membantu dengan senang hati tanpa bayaran hanya dengan berkata "tolong bantu angkatkan air ini, bisa?" dengan senyum balasan tanpa mengatakan kata tidak mengangkatnya. Bahkan, tidak mengatakan itupun mereka senang untuk membantu. Tapi, untuk saling menghargai biasakan untuk lebih sopan ketika meminta bantuan.

Pesan moralnya membantu tanpa meminta imbalan adalah sesuatu yang patut kita contohin dimanapun kita berada.

3. ANGKAT KAPAL

Wah ingin merekan aktivitas mereka tapi apa daya ngak sempat karena lagi naik mobil wkwkkww  .. saya sempat kaget karena ada keramaian setelah saya perhatikan ternyata masyarakat sama-sama mengangkat perahu beramai-ramai.. ini membuat saya terharu pengen lihat momen kebersamaan ini terus menerus. 

eits, bukan hanya itu acara pengantenan pun tendanya dibangun oleh masyarakat itu sendiri dengan beramai-ramai sambil tersenyum dengan wajah gembira mereka.

pesan moral dari ini gotong royong masih sangat melekat pada masyarakat disana, so jangan malu dalam kebersamaan untuk membantu sesama. 

4. HIJAUNYA ALAM

namanya juga kampung tentu akan banyak sekali perkebunan bahkan ayah saya berkebun disamping rumah, bukankah ini akan menambah hijaunya alam?

udara sejuk akan sangat berbeda ketika masuk didalam paru-paru, hmmm.... ini membuatku ingin terus tinggal dikampung halaman bahkan, niat nyari jodoh dikampung halaman nih ehehhee  tapi belum nemu eh.. 

menanam tanpa merusak alam adalah sesuatu yang patut kita contohin nih, nah itulah pesan moralnya guys karena kini saya perhatikan kota-kota besar membangun tanpa ada upaya menanam pohon-pohon penyerap air, dan juga kurannya selokan.. so akibat dari itu banjir kan?


Hayooo.... tidak ada yang nanya yah dimana kampung halaman saya? hihihi  

bagi yang pengen tau dimana silahkan datang langsung di BAU-BAU tepatnya di LASALIMU SELATAN (SP 9) tapi, maaf yah jalanan sampai sekarang belum di aspal.

Sekian, semoga bermanfaat yah..

Wallahu a'lam..

Monday, 11 June 2018

APAKAH RAMADHANKU DITERIMA ??


Tanda dari orang yang lulus ramadhan adalah selalu semangat dan ikhlas dalam beribadah, seperti yang ia lakukan selama di bulan Ramadhan...
 
Tanda dari orang yang lulus Ramadhan adalah selalu sabar menahan diri dari dosa dan maksiat, seperti ia sabar menahannya di bulan Ramadhan...
 
 Tanda dari orang yang lulus Ramadhan adalah selalu bersedih tatkala terluput atau terlalaikan dari suatu amal shalih, baik yang wajib atau pun sunnah...
 
Tanda dari orang yang lulus Ramadhan adalah selalu berusaha menjadi orang yang paling utama, bersih hatinya, mulia akhlaknya dan benar ucapannya...

قيلَ لرسولِ اللهِ صلَّى اللهُ عليهِ وَ سَلَّمَ : أيُّ النَّاسِ أَفْضَلُ ؟ قال : كُلُّ مَخْمُوْمِ القَلْبِ، صَدُوقِ اللِّسَانِ، قالوا : صدوقُ اللسانِ نَعْرِفُهُ، فما مخمومُ القلبِ ؟ قال : هو التَّقِيُّ النَّقِيُّ، لا إثمَ فِيْهِ ولا بَغْيَ، ولا غِلَّ ولا حَسَدَ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya : "Siapa orang yang paling utama ?" Beliau menjawab : "Setiap orang yang bersih hatinya dan benar ucapannya". Para sahabat berkata : "Orang yang benar ucapannya telah kami pahami maksudnya, lalu apakah yang dimaksud dengan orang yang bersih hatinya ?" Beliau menjawab : "Dia adalah orang yang bertakwa (takut) kepada Allah, yang suci hatinya, tidak ada dosa dan kezhaliman padanya, serta tidak ada pula rasa dendam dan hasad"

📚 (HR. Ibnu Majah no. 4216, hadits dari Abdullah bin ‘Amr, lihat Shahiihut Targhiib wat Tarhiib no. 2889)
 
Tanda dari orang yang lulus Ramadhan adalah selalu istiqamah mengikuti syariat yang telah dicontohkan, diamalkan dan diajarkan oleh Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan para sahabatnya...
 
 Tanda dari orang yang lulus Ramadhan adalah selalu menjadikan perkara yang berkaitan dengan akhirat lebih diperdulikan daripada perkara dunia, dari sisi waktu, tenaga, fikiran, harta dll...

وَمَنْ أَرَادَ الْآخِرَةَ وَسَعَىٰ لَهَا سَعْيَهَا وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَأُولَٰئِكَ كَانَ سَعْيُهُمْ مَشْكُورًا

"Dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mukmin, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik" (QS. Al-Isra' [17]: 19)
 
Inilah tanda diterimanya amal...
إن من علامةِ قبول الحسنة، الحسنة بعدها

"Sesungguhnya diantara tanda diterimanya kebaikan adalah kebaikan selanjutnya"
Sebagian salaf berkata :

صُمِ الدُّنْيَا وَاجْعَلْ فِطْرَكَ الْمَوْتَ، الدُّنْيَا كُلُّهَا شَهْرُ صِيَامُ الْمُتَّقِيْنَ، يَصُوْمُوْنَ فِيْهِ عَنِ الشَّهَوَاتِ الْمُحَرَّمَاتِ، فَإِذَا جَاءَهُمُ الْمَوْتُ، فَقَدِ انْقَضَى شَهْرُ صِيَامِهِمْ وَاسْتَهَلُّوْا عِيْد فطرهم
 
"Berpuasalah (tahanlah diri) dari dunia, dan jadikanlah kematian sebagai waktu berbukamu dari puasa dunia. Dunia seluruhnya adalah bulan berpuasa bagi orang-orang yang bertakwa. Mereka berpuasa (menahan diri) padanya dari syahwat-syahwat yang diharamkan. Jika kematian telah datang kepada mereka, maka sungguh bulan puasa mereka telah selesai, dan mereka berseri-seri pada hari berbuka (hari raya) mereka"

 (Lathaa’iful Ma’aarif hal 147 oleh Imam Ibnu Rajab)

Wallahu a'lam..

Sumber :

Ustadz Najmi Umar Bakkar (Editor : Admin MNM AsySyamil.com)