Ilmu adalah Pengetahuan tetapi Pengetahuan belum tentu menjadi ilmu

Saturday 9 July 2016

MEMAHAMI KEINGINAN CERUK PASAR SALAH SATU CARA UNTUK BERBURU IDE BLOG ANDA

No comments

MEMAHAMI KEINGINAN CERUK PASAR SALAH SATU CARA UNTUK BERBURU IDE BLOG ANDA

Salah satu unsur yang harus dipenuhi untuk meningkatkan jumlah kunjugan blog adalah tampilan dan konten blog yang menarik. Namun, untuk membuat tampilan dan konten blog yang menarik tidaklah semudah seperti membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan ide-ide kreatif agar tampilan blog tampak selalu "segar". Lantas , bagaimana jika pengelolah blog kekurangan ide? Pastilah tampilan blognya akan tampak "garing" dan akibat lebih lanjut adalah jumlah pengunjung ke blog berkurang. ( Dan itu saya rasakan sendiri ) hehehhe... 

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan ide. Salah satunya dengan memahami keinginan ceruk pasar. Apa ceruk pasar itu? Dalam bahasa ekonomi, ceruk pasar (niche market) dipahami sebagai segmen pasar yang spesifik , dimana segmen pasar ini belum terlayani dengan baik oleh pelaku bisnis yang berskala besar atau memiliki market share tinggi. Jika Anda pelaku bisnis baru, maka Anda harus jeli memperhatikan ceruk pasar ini.

Ceruk pasar tidak anya dapat diaplikasikan dalam offline marketing, tetapi juga online marketing, termasuk juga blog. Sebagai contoh, blog Anda membahasa tentang ilmu Photoshop . Anda sadari atau tidak, ternyata banyak juga blog yang menampilkan tema sama. Nah , agar pengunjung beralih ke blog "tetangga", Anda perlu memperhatikan keinginan ceruk pasar Anda. Anda bingung siapa ceruk pasar Anda?
Untuk bisa memahami keinginan ceruk pasar , Anda harus mengtahui siapa ceruk pasar Anda. Dalam contoh di atas, Anda sebagai admin atau pengelola blog bertema ilmu Photoshop. Jika selama ini Anda hanya melulu memberikan konsep teori sebagai konten post  di blog Anda, maka Anda harus beralih ke hal-hal yang dibutuhkan oleh pengunjung atau pembaca. Misalnya dengan memposting tutorial menggunakan program Photoshop itu sendiri,baik dalam format teks maupun video. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui keinginan ceruk pasar dengan menggali informasi dari blog-blog pesaing dan melihat konten atau tema apa yang belum pernah dibahas.

Jika pesaing Anda hanya menampilkan informasi teori dan tutorial melulu pada blognya, maka Anda bisa menampilkan hal lain yang sekiranya dibutuhkan oleh ceruk pasar. Misalnya saja keanggotaan blog dengan fasilitas memperoleh tutorial gratis, menyediakan konsultasi gratis bagi para pemula, dan sebagainya.

Anda dapat mengunjungi halaman berikut ini : PSDTuts.com (menyediakan tutorial dan fila-file latihan kepada pasar yang spesifik yaitu pengguna Photoshop tingkat tinggi.

Semoga Bermanfaat... 
Sumber :

Buku : " 88 Cara Inspiratif Berburu Ide untuk Blog" Oleh : Jubilee Enterprise.halaman 1-2.

wallahu'alam...

No comments :

Post a Comment