Ilmu adalah Pengetahuan tetapi Pengetahuan belum tentu menjadi ilmu

Friday 28 October 2016

PENGERTIAN E-COMMERCE

No comments

Pengertian E-commerce 

E-commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai perantara transaksi bisnis. E-commerce juga dapat diartikan bahwa adanya transaksi jual beli antara pelaku usaha dengan konsumen yang pembelian dan pemesanan barangnya melalui media online.

 Di dalam pengertian lain, e-commerce yakni transaksi komersial yang dilakukan antara penjual dan pembeli atau dengan pihak lain dalam hubungan perjanjian yang sama untuk mengirimkan sejumlah barang, pelayanan dan peralihan hak .

Dari berbagai definisi, terdapat kesamaan. Kesamaan tersebut memperlihatkan bahwa e-commerce memiliki karakteristik sebagai berikut:   
                                                   
a) Terjadi transaksi antara dua belah pihak.

b) Adanya pertukaran barang, jasa atau informasi.

c) Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan tersebut.

Menurut Roger Clarke dalam “Electronic Commerce Definitions”menyatakan bahwa e-commerce adalah “The conduct of commerce ingoods and services, with the assistance of telecomunications andtelecomunications-based tools” yang dapat diartikan bahwa e-commerceadalah tata cara perdagangan barang dan jasa yangmenggunakan media telekomunikasi dan telekomunikasi sebagai alat
bantunya.


Sumber :

(Haris Faulidi Asnawi, Transaksi Bisnis e-commerce perspektif Islam, Magistra Insania Press, Yogyakarta, 2004, hal 17).

No comments :

Post a Comment