Ilmu adalah Pengetahuan tetapi Pengetahuan belum tentu menjadi ilmu

Thursday, 12 April 2018

HATI-HATI DENGAN GAYA HIDUP HEDONIS!!!

No comments
Assalamu'alaikum.. sore tadi Alhamdulillah teman diskusi saya adalah Ibu saya sendiri, kami bercerita tentang ini dan itu, serta berusaha menarik kesimpulan yang dapat memberi manfaat kepada diri kami pribadi dan bisa di ajarkan kepada saudara dan saudari saya. Termasuk sobat-sobat yang lagi baca tulisan ini hehhee...  semoga postingan kali ini bisa membuat diri kita belajar lebih banyak lagi.

Nah, apa sih hedonis itu? sebelum saya berkomentar lebih jauh alangkah baiknya  kita mencari pengertian tersendiri tentang "hedonis" ini. 


Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.

Yuupsss... dari pengertian diatas kita bisa memahami beberapa hal, tujuan hidup kita bukan untuk mencari kesenangan semata nmaun untuk beribadah kepada Allah Ta'ala. Nah, Hedonis adalah kehidupan untuk memuaskan nafsu saja, memamerkan kemewahan dan kekayaan, berfoya-foya, tanpa memikirkan apa yang akan terjadi kelak. Nauzubillah..

Dari lingkungan saya sendiripun, dengan mengamati beberapa hal secara langsung kehidupan hedonis mulai merasuk dan merayu, Gaya hidup hedonis akan terlihat ketika mereka lebih memilih berhutang untuk memuaskan keinginan alias nafsu mereka. Ketika gaya ini bereaksi maka yang ada hanya tampilkan segala kekayaan dan kemewahan dalam hidup. Sungguh ironis, semoga kita bisa berhati-hati dalam menyikapi  gaya hidup yang seperti ini.

Gaya hidup yang hedonis ini muncul karena perkembangan zaman era globalisasi dan modernisasi yang setiap hari semakin jadi, nah untuk itulah kita dituntut untuk pandai-pandai melihatnya agar kita tidak dengan gampang terjerumus kedalamnya. Apalagi ketika seseorang bekerja dan mereka memiliki gaji yang tinggi maka kebutuhannya juga akan meningkat.

Lihatlah dan perhatikan dilingkungan keluarga kita, masyarakat kita kini telah di racuni oleh gaya hidup yang seperti ini. Kita sendiripun bisa saja sudah teracuni tanpa kita sadari. Paham hedonis ini akan berlahan berubah penampilan seseorang serta  pemahaman seseorang dalam menjalani kehidupan ini.

Ayooo sama-sama belajar dan berusaha untuk mengubah gaya hidup hedonis ini. Berikut beberapa langkah yang bisa kita lakukan :

1. Menabung

Bagi sobat yang sudah masuk dalam gaya hedonis, akan susah untuk melakukan yang satu ini. Padahal banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika rutin menabung seperti untuk biaya pendidikan, atau dana pensiun.

2. Membuat Anggaran Belanja  

Nah, membuat anggran belanja akan membantu kita dalam melihat kebutuhan yang kita butuhkan dan yang tidak kita butuhkan. Hal ini  membantu kita dalam meminimalisir pengeluaran kita yang tawalnya tidak terarah kini bisa terarah dengan baik.

3. Prioritaskan Kebutuhan

Tentu mempriortaskan kebutuhan sangatlah penting dalam mengatur keuangan kita, jika kita sudah bisa mengetahui hal-hal yang menjadi prioritas kebutuhan maka itu akan membantu kita agar tidak mudah membelanjakan sesuatu dengan mudah alias meminimalisir gaya hidup boros.

4. Hindari Pemakaian Kartu Kredit

Eiiittttsss... jangan malah bangga ketika berbelanja tapi banyarnya pake kartu kredit yah sobat, kartu kredit itu menandakan bahwa kita memiliki utang.

5. Kurangi jalan-jalan alias sekedar cuci mata di Mall

Kebiasaan yang biasa dilakukan nih, walau bilangnya hanya liat-liat tapi berujung pada pemborosan dan akhirnya nyesel sambil bergumam sendiri "mahalnya nih barang, kenapa tadi saya beli yah!"

6. Cermati ketika membeli barang

Biasanya mereka yang memiliki gaya hedonis akan melihat merek barang yang dibeli yang harganya nih samapi ratusan juta. Contohnya nih tas. tas yang harganya ratusan juta sama tas yang ribuan memiliki fungsi yang sama. bijaklah dalam membeli sesuatu agar tidak berakhir pemborosan.

7. Beramal dan Bersedekah

Pernah denger ini ngak "ketika kita memberi maka kita akan menerima" yuups... ketika kita bersedekah maka InsyaAllah kita akan menerima bahkan bisa lebih baik dari apa yang kita berikan.

8. Lebih baik berinvestasi daripada hura-hura

Investasi dapat dipahami sebagai penanaman modal pada suatu usaha atau barang tak bergerak dengan tujuan memperoleh keuntungan di masa mendatang. Ketika usia Anda tidak lagi produktif, investasi bisa menyelamatkan kehidupan masa tua Anda.

wallahu a'lam.. 

Semoga bermanfaat dan terus belajar..


Sumber bacaan yang diakses pada Kamis, 12 April 2018 :
https://www.kompasiana.com/nasir01/hedonisme-di-kalangan-masyarakat-indonesia_5529c4986ea8341011552d2e

https://id.wikipedia.org/wiki/Hedonisme

https://www.finansialku.com/hedonisme-dan-gaya-hidup-konsumtif/

Sumber Gambar : mediakontak.com

BACA JUGA :





No comments :

Post a Comment