Ilmu adalah Pengetahuan tetapi Pengetahuan belum tentu menjadi ilmu

Thursday, 3 May 2018

MENJADI PRIBADI YANG BIJAKSANA DAN DEWASA

No comments

Assalamu'alaikum.."bagaimana sih caranya menjadi pribadi yang bijaksana dan dewasa dalam menghadapi kondisi yang ada?" hayooo... ada ngak yang pernah bertanya seperti ini, atau iseng-iseng search tentang kebijaksanaan dan berpikir dewasa? kalau belum  iseng-iseng nyari, yuk sekarang kita iseng bareng baca cara menjadi pribadi yang bijaksana dan dewasa berikut ini.

Ohiya, tentu semua orang memiliki pemikiran alias tanggapan yang berbeda-beda tentang definsi bijaksana dan dewasa, bagi saya pribadi sih tentu menjadi pribadi yang bijaksana sangat saya harapkan, tapi, sayangnya sampai sekarang masih menjadi sosok yang malah kekanak-kanakan.

yoooosh... meski begitu jangan menyerah untuk menjadi pribadi yang semakin baik dari hari kemarin yah, mari kita sama-sama nyimak dan mulai action sekarang.

1. Dengar, Simpan dan Analisis.
Nah, ketika sobat mendapatkan hal baru nih, baik persoalan atau informasi, kita tak perlu langsung berkomentar walaupun sangat ingin berkomentar tapi, hentikan hasrat itu. hehehe  apalagi berkomentar dengan sikap yang emosional.

Cobalah untuk tenang, dengarkan dengan baik, simpan beberapa saat, kemudian analisis informasi tersebut.

Ada beberapa hal yang dapat melatih jiwa ketika kita mencoba menerapkan konsep ini, yaitu :

pertama, kesabaran akan terasah dan terlatih. Oleh karena itu, kita akan berusaha lebih tenang dan dewasa dalam mengahadapi semua permasalahan.

Ingat, semua masalah pasti ada jalan keluarnya, bergantung kita mau memakai cara yang mana, iya kan? atau iya dong? hihihi

kedua, saat dihadapkan pada suatu permasalahan, sebaiknya lebih mengedepankan rasio daripada menggunakan emosi untuk menanggapinya.

2. Bersikaplah Proaktif bukan Reaktif.

Hayoooo.. ada yan tau ngak sih perbedaan dari proaktif dan reaktif? tentu dari kata saja sudah beda yah, apalagi pengertiannya ehehhe..

Nah, kalau proaktif itu tidak terburu-buru,  tidak pengen ini itu, semua ditanggapi dengan tenang terlebih dahulu. Mencoba memahami informasi tanpa langsung bereaksi, tanpa langsung bertindak.

kalau sobat langsung bereaksi, itu namanya reaktif. Sikap seperti ini yang terkadang menimbulkan masalah. Kalau bersikap proaktif, kita tidak terlibat masalah secara emosional, tapi lebih mengedepankan akal sehat untuk memahaminya. Jadi, reaksi yang dikeluarkan adalah reaksi yang menguntungkan, bukan reaksi yang merugikan.


3. Cobalah untuk Menerima, lalu Mencari Jalan Terbaik.


Ketika sobat dihadaokan pada suatu permasalahan atau informasi, cobalah untuk menerimanya terlebih dahulu. Apapun yang kita dapatkan, sebaiknya diterima saja tanpa banyak berkomentar.

Kalau memanga ada yang tidak sesuai, carilah jalan tengah yan mendekati keinginan kita dan tidak memaksakan diri, sambil kita memikirkan strategi-strategi lain dalam hal ini.

Apapun pilihannya, kita bebas mengambilnya karena hidup adalah pilihan dan kita yang menentukan jalannya.

Nah, sekarang sudah tau kan gimana cara menjadi pribadi yang bijaksana dan dewasa, yuk kita sama-sama belajar, semoga dimudahkan .. semangat dan salam sukses untuk sobat sekalian. :D


Wallahu a'lam...



Sumber bacaan buku :


Hidup Sehat Ala Rasulullah "Jangan mau jadi manusia karatan" Oleh : dr. Zaidul Akbar. Hal: 8-10.  Penerbit : mizania.

No comments :

Post a Comment