1. Forecasting.
Forecasting adalah peramalan tentang kondisi-kondisi di masa depan yang mungkin akan dihadapi oleh organisasi.
2. Planning (Perencanaan).
Planning adalah suatu proses penetapan tujuan yang akan dicapai dan memutuskan strategi dan taktik untuk mencapainya.
Tujuan perencanaan :
• Meningkatkan focus dan fleksibelitas.
• Meningkatkan koordinasi.
• Meningkatkan kontrol.
• Memperbaiki manajemen waktu.
• Agar perubahan yang terjadi dimasa depan tidak terlalu beberapa dari tujuan organisasi.
• Problem solving.
3. Decision Making (Pengambilan Keputusan).
Decision making adalah menentukan pilihan diantara beberapa alternative untuk memecahkan masalah dan mencapai tujuan organisasi.
4. Budgeting (Penganggaran).
Budgeting adalah anggaran pendapatan dan pengeluaran yang teratur yang meliputi semua tahap kegiatan untuk suatu jangka waktu tertentu.
Forecasting adalah peramalan tentang kondisi-kondisi di masa depan yang mungkin akan dihadapi oleh organisasi.
2. Planning (Perencanaan).
Planning adalah suatu proses penetapan tujuan yang akan dicapai dan memutuskan strategi dan taktik untuk mencapainya.
Tujuan perencanaan :
• Meningkatkan focus dan fleksibelitas.
• Meningkatkan koordinasi.
• Meningkatkan kontrol.
• Memperbaiki manajemen waktu.
• Agar perubahan yang terjadi dimasa depan tidak terlalu beberapa dari tujuan organisasi.
• Problem solving.
3. Decision Making (Pengambilan Keputusan).
Decision making adalah menentukan pilihan diantara beberapa alternative untuk memecahkan masalah dan mencapai tujuan organisasi.
4. Budgeting (Penganggaran).
Budgeting adalah anggaran pendapatan dan pengeluaran yang teratur yang meliputi semua tahap kegiatan untuk suatu jangka waktu tertentu.
5. Staffing (Pengisian Staf).
Staffing adalah kegiatan organisasi memenuhi sumber daya manusianya. Secara skematif staffing dapat di gambarkan sebagai berikut : Perencanaan SDM-Rekruitmen-Seleksi-Orientasi dan Penempatan-Pengembangan- Penilaian Kinerja-Kompensasi-Hubungan Ketenagakerjaan.
6. Pelaksanaan.
Fungsi pelaksanaan seringkali dibagi dalam tiga fungdi :
• Pemimpin, menyalurkan semua kemampuan individu pada aktifitas organisasi demi mencapai tujuan.
• Pengarahan, menyedia-memotivasi-mendengarkan-menilai kinerja.
• Koordinasi, integrasi dari kegiatan-kegiatan individu dari unit-unit ke dalam suatu usaha bersama kea rah tujuan organisasi.
7. Controlling (Pengawasan).
Controlling adalah proses pemonitoran kegiatan organisasional untuk mengetahui apakah kinerja aktual sesuai dengan standard an tujuan yang diharapkan.
Tahap-tahap dalam controlling :
• Tetapkan standar.
• Monitor dan ukur kinerja actual.
• Bandingkan hasil kinerja actual dan standar.
• Ambil tindakan perbaikan dan buat penyesuaian.
8. Evaluasi.
Evaluasi adalah upaya untuk menilai proses pelaksanaan rencana berdasarkan rencana yang telah dibuat.
Objek evaluasi :
• Kendala-kendala dan penyimpanan.
• Hasil.
No comments :
Post a Comment