Bagi sobat yang sedang mencari referensi ataupun hanya ingin menambah wawasannya, semoga materi kali ini yang dibagikan Nisluf Blog dapat membantu sobat semua yah..
Nah, hari ini Nisluf Blog membagikan materi kuliah yang sengaja dikirimkan di email. Berikut judul materi kali ini silahkan disimak yah..
"PENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN SISTEM"
1. ORGANISASI BISNIS (BUSSINES ORGANIZATION)
Sistem informasi dikembangkan dan digunakan oleh ORGANISASI BISNIS. Sistem Informasi telah dikembangkan untuk mendukung seluruh organisasi pada area bisnis. SIM dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi umum para manajer perusahaan.
Inovasi teknologi informasi memungkinkan beberapa aktivitas perusahaan dilakukan tanpa kendala lokasi secara fisik.
2. OTOMATISASI KANTOR (OFFICE AUTOMATION)
Otomatisasi Kantor (Office Automation-OA) meliputi semua sistem elektronik formal dan nonformal terutama yang berhubungan dengan mengomunikasikan informasi ke dan dari orang di dalam dan luar perusahaan.
Kelebihan Otomatisasi Kantor adalah Kemampuannya menyediakan media komunikasi yang berhubungan antara orang di dala dan luar perusahaan.
Berikut ini beberapa Model Otomatisasi Kantor :
1. Kantor Maya
2. Telecommuting
3. Hoteling
2.1 KANTOR MAYA
Konsep Kantor Maya adalah Bekerja dirumah dan tetap berhubungan dengan kantor melalui alat komunikasi elektronik.
Keunggulan Kantor Maya :
1. Pengurangan Biaya Fasilitas.
2. Pengurangan biaya peralatan.
3. Pengurangan jadwal libur.
4. Kontribusi sosial.
2. Pengurangan biaya peralatan.
3. Pengurangan jadwal libur.
4. Kontribusi sosial.
Kekurangan Kantor Maya :
1. Modal rendah.
2. Kekhawatiran terhadap risiko keamanan.
2.2 TELECOMMUTING
Telecommuting digunakan karena istilah ini lebih tepat digunakan untuk menggambarkan bagaimana pegawai dapat “pulang-pergi” (commute) ke tempat kerja secara elektronik.
Keuntungan Telecommuting bagi Pegawai :
1. Fasilitas ini dapat memberikan fleksibilitas dalam mengatur jadwal pekerjaan mereka.
2. Perusahaan biasanya memberikan perhatian lebih besar pada kebutuhan komunikasi para Telecommuter daripada lingkungan kantor biasa.
Kerugian Telecommuting bagi Pegawai :
1. Dapat membangun “rasa tidak memiliki” terhadap perusahaan.
2. Kekhawatiran akan kehilangan pekerjaan atau turunnya karier.
3.Semakin meningkatnya tekanan dalam keluarga (family tension).
2.3 HOTELLING
Konsep Hotteling adalah perusahaan menyediakan fasilitas sentral yang dapat dipakai bersama-sama oleh pegawai karena kebutuhan akan ruang kantor dan sarana yang dapat di pakai bersama-sama oleh pegawai.
Hotelling dapat dicapai melalui:
1. Sediakan ruang Penyimpanan terpusat.
2. Kurangi jumlah ruangan kantor yang tertutup.
3. Hilangkan peruntukan khusus ruang kantor bagi pegawai.
4. Buat kantor dengan ukuran yang sesuai.
5. Rancang ruangan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan fungsional.
Konsep Hotteling adalah perusahaan menyediakan fasilitas sentral yang dapat dipakai bersama-sama oleh pegawai karena kebutuhan akan ruang kantor dan sarana yang dapat di pakai bersama-sama oleh pegawai.
Hotelling dapat dicapai melalui:
1. Sediakan ruang Penyimpanan terpusat.
2. Kurangi jumlah ruangan kantor yang tertutup.
3. Hilangkan peruntukan khusus ruang kantor bagi pegawai.
4. Buat kantor dengan ukuran yang sesuai.
5. Rancang ruangan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan fungsional.
3. ORGANISASI MAYA (VIRTUAL ORGANIZATION)
Dalam Organisasi Maya (Virtual Organization), operasi seluruh perusahaan dirancang sedemikian rupa sehingga tidak terikat pada lokasi fisik.
Dampak Sosial Organisasi Maya :
Meskipun kantor maya dan organisasi maya terutama diidentifikasikan sebagai suatu strategi bisnis, konsep ini pada akhirnya akan dapat memberikan dampak kepada masyarakat. Kantor maya dan organisasi maya akan menurunkan permintaan gedung-gedung pencakar langit dan transportasi, menjadikan kota kita lebih tenang untuk di huni.
4. ORGANISASI PELAYANAN INFORMASI
Pelayanan Informasi (information services - IS) adalah unit perusahaan yang mempunyai tanggung jawab utama terhadap sumber daya informasi.
Organisasi Pelayanan Informasi, meliputi:
1. Sumber Daya Informasi,
2. Ahli Informasi,
3. Struktur Organisasi Pelayanan Informasi,
4. Inovasi Stuktur Organisasi.
Organisasi Pelayanan Informasi, meliputi:
1. Sumber Daya Informasi,
2. Ahli Informasi,
3. Struktur Organisasi Pelayanan Informasi,
4. Inovasi Stuktur Organisasi.
4.1 SUMBER DAYA INFORMASI
Sebagian besar sumber daya ini pada umumnya berlokasi di layanan informasi dan merupakan tanggung jawab dari chief information officer (CIO). Sumber daya informasi yang terdapat di area-area pengguna adalah tanggung jawab dari para manajer area pengguna.
4.2 AHLI INFORMASI
Ahli Informasi (information Specialist) adalah pegawai yang bertanggung jawab penuh dan berkontribusi dalam menyediakan sumber daya informasi yang diperlukan perusahaan.
Berikut adalah beberapa Profesi-profesi Ahli Informasi :
Ahli Informasi (information Specialist) adalah pegawai yang bertanggung jawab penuh dan berkontribusi dalam menyediakan sumber daya informasi yang diperlukan perusahaan.
Berikut adalah beberapa Profesi-profesi Ahli Informasi :
Analisis Sistem => Administrator Database => Webmaster => Ahli Jaringan => Programer => Operator
4.3STRUKTUR ORGANISASI PELAYANAN
INFORMASI
Ahli Informasi dalam pelayanan informasi dapat dikelompokkan dalam berbagai cara :
INFORMASI
Ahli Informasi dalam pelayanan informasi dapat dikelompokkan dalam berbagai cara :
Spesialis informasi dalam layanan informasi dapat diorganisasikan menurut berbagai macam cara. Unit-unit organisasional yang pertama disentralisasikan di dalam perusahaan, dengan hampir seluruh sumber daya informasi berlokasi di unit IT.
4.3 INOVASI STRUKTUR ORGANISASI
Perusahaan-perusahaan besar berusaha untuk mencapai suatu struktur organisasi yang “terdesentralisasi secara sentral. Sebagai respon atas kebutuhan ini.
Para peneliti SIM mengidentifikasi tiga struktur inovasi, yang disebut :
Model Partner
Model Platform
Model Terskala
Perusahaan-perusahaan besar berusaha untuk mencapai suatu struktur organisasi yang “terdesentralisasi secara sentral. Sebagai respon atas kebutuhan ini.
Para peneliti SIM mengidentifikasi tiga struktur inovasi, yang disebut :
Model Partner
Model Platform
Model Terskala
5. END-USER COMPUTING
End-user computing (EUC) adalah pengembangan seluruh atau sebagian sistem berbasis komputer oleh para pengguna.
End-user computing berkembang karena 4 pengaruh utama :
1.Meningkatnya Pengetahuan tentang Komputer.
End-user computing berkembang karena 4 pengaruh utama :
1.Meningkatnya Pengetahuan tentang Komputer.
2.Masalah Penumpukan dalam Pelayanan Informasi.
3. Penurunan Harga dalam Pelayanan Informasi.
4. Perangkat Lunak Prewritten.
Manfaat EUC bagi perusahaan :
1. Menyeimbangkan Kemampuan dan Tantangan.
2. Mengurangi Kesenjangan Komunikasi.
Risiko EUC bagi perusahaan :
1. Lemahnya penerapan sistem.
2. Lemahnya perancangan dan dokumentasi sistem.
3. Tidak efisein dalam penggunaan Sumber Daya Informasi.
4. Hilangnya Integritas Data.
5. Hilangnya Keamanan.
6. Hilangnya Pengendalian.
Demikianlah "PENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN SISTEM" semoga bermanfaat ..
Ohiya, bagi para sobat yang mau tugas lamanya atau apapun bisa sobat sumbangkan agar diterbitkan di artikel contoh tugas atau makalah berikutnya.
"Sebaik baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama" yuuk.. berbagi.. :)
Sumber Tugas yang dikirim ke email annisawally8@gmail.com:
AVISA AMIDA PRATIWI
JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS HALU OLEO
KENDARI
Wallahu a'lam..
Ohiya, bagi para sobat yang mau tugas lamanya atau apapun bisa sobat sumbangkan agar diterbitkan di artikel contoh tugas atau makalah berikutnya.
"Sebaik baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama" yuuk.. berbagi.. :)
Sumber Tugas yang dikirim ke email annisawally8@gmail.com:
AVISA AMIDA PRATIWI
JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS HALU OLEO
KENDARI
Wallahu a'lam..
No comments :
Post a Comment